Pages

Subscribe:

Tuesday, December 13, 2011

Closer to Korea - Part 2





Bulgogi adalah salah satu makanan panggang Korea. Terbuat dari sirloin atau bagian lain daging sapi juga bisa dipakai. Daging ini diasinkan terlebih dahulu setidaknya selama empat jam untuk menguatkan rasanya. Bumbu-bumbu yang dipakai adalah minyak wijen, kecap, lada hitam, bawang putih, bawang merah, gula, jahe, serta anggur.





Deungshim-gui
Ada juga Deungshim-gui. Sama-sama terbuat dari daging sapi. Tapi ini adalah makanan paling mahal diantara yang lainnya. Deungshim-gui adalah makanan panggang seperti Bulgogi.


Galbi-gui
Galbi-gui terbuat dari iga sapi yang sudah diasinkan. Tambahan untuk makanan ini adalah buah pir. Daging iga sapi yang diasinkan ini kemudian juga dipanggang.



Jangeo-gui
Pernah makan daging belut? Orang Korea pintar mengolah belut. Jangeo-gui adalah makanan yang terbuat dari belut. Masyarakat Korea percaya bahwa Jangeo-gui dapat menambah stamina. Bumbu Jangeo-gui saderhana saja, yaitu minyak wijen, biji wijwen, kecap, dan gula.


Baechu Kimchi
Baechu Kimchi paling gampang dicari di Korea. Terbuat dari kubis yang direndam dengan air laut kemudian dicampur dengan lada bubuk, bawang putih, jahe, dan olahan laut.


Baek Kimchi
Kimchi banyak jenisnya. Baek Kimchi adalah salah satunya. Aslinya adalah makanan Korea Utara. Kubis yang telah direndam dengan air laut dan setelah dibumbui, ditambah dengan jamur. Bedanya dengan kimchi-kimchi yang lain adalah Baek Kimchi kurang asin.


Bossam Kimchi
Bossam Kimchi berbeda lagi. Bumbunya lebih beragam. Selain ditambahkan dengan ikan asin, Bossam Kimchi juga ditambahkan dengan buah pir.


Kalguksu
Untuk makanan yang berbahan dasar mie, Korea punya Kalguksu. Adonan mie pada makanan ini terbuat dari tepung terigu. Mie-nya dibuat tipis-tipis dan dibumbui dengan kecap, garam, minyak wijen, lada bubuk dan bawang putih.


Mul Naengmyo
Mul Naengmyo adalah makanan berbahan dasar mie lainnya. Makanan ini sering disebut juga Pyeongyangshik naengmyeon.


Naengmyon
Naengmyeon sangat pas disajikan saat musim panas. Naengmyeon gampang dicerna dan mempunyai sensasi yang menyejukkan.


Bibimbap
Bibimbap berbahan dasar nasi yang disajikan dengan mangkok. Tambahan untuk bibimbap adalah berbagai jenis sayuran. Selain itu dilengkapi pula dengan ginseng dan masakan laut.


Gimbap
Last but not least, ada Gimbap. Kalo jalan-jalan ke Korea, Gimbap adalah makanan paling gampang dicari. Nasi yang sudah dibumbui dibungkus dengan gim (ganggang laut yang sudah dikeringkan). Gimbap dilengkapi dengan ham, ketimun, bayam, wortel dan sayuran lainnya.

Sumber: www.lifeinkorea.com